Pengertian & Istilah Karkas Ayam yang Harus Anda Tahu

February 18, 2020 0 Comments

Ketika berbelanja di pasar tradisional atau di supermarket Anda pernah melihat ayam dalam bentuk karkas. Sebenarnya karkas ini tidak hanya melekat pada daging ayam saja namun juga melekat pada daging sapi, kambing dan hewan yang lainnya. Karkas adalah daging hewan yang sudah dipotong namun kepala dan kakinya sudah hilang. Untuk daging sapi dan kambing sering Anda jumpai karkas tersebut di warung sate kambing, tongseng dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan karkas ayam sering Anda jumpai di supermarket maupun pasar tradisional. Untuk dikonsumsi selama seminggu Anda bisa membeli karkas ayam yang sudah dipotong-potong kemudian diawetkan di kulkas. Hal tersebut lebih praktis dibandingkan dengan Anda harus membeli daging ayam setiap harinya.

Pengertian Karkas Ayam

Sebelum Anda mengenal karkas ayam lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui pengertian karkas ayam. Mungkin Anda pernah melihatnya namun tidak tahu namanya. Karkas ayam adalah ayam yang sudah dipotong, dalam keadaan mati ayam tersebut digunduli dan dihilangkan bulunya. Meski sudah dihilangkan bulunya namun Anda akan menjumpai bulu halus yang masih menancap pada daging. Sehingga Anda perlu jeli ketika mencuci daging ayam tersebut apakah masih ada bulu yang tersisa atau tidak. Setelah digunduli, ayam tersebut akan diambil jeroannya seperti usus, hati dan ampela. Tidak hanya itu saja bagian kepala dan juga cekernya juga sudah dihilangkan atau di potong. Oleh sebab itu sering sekali pedagang ayam yang menjual kepala dan bagian cekernya saja. Begitu pula dengan jeroannya seperti usus, hati dan ampela yang mana juga dijual secara terpisah.

Istilah dalam Potong Karkas Ayam

Setelah Anda mengetahui pengertian karkas ayam, kini Anda harus tahu bagaimana cara potong karkas ayam. Dalam pasar tradisional pedagang ayam tersebut ada yang menawarkan pemotongan ayam karkas terutama yang ingin menyimpannya di dalam kulkas. Untuk bisa meminta pedagang ayam tersebut bisa memotong sesuai dengan keinginan, Anda bisa memintanya dengan istilah potong sekian. Pemotongan karkas ayam ini tidak ada yang berjumlah ganjil sehingga Anda harus meminta pedagang untuk memotong dengan jumlah genap. Berikut adalah istilah potong karkas ayam yang biasa digunakan oleh pedagang ayam:

Karkas ayam broiler ini akan dipotong dua bagian sama besar. Pemotongan ini banyak diminta oleh masyarakat yang sedang ada hajatan seperti nikahan, peringatan orang meninggal dan lain sebagainya. Daging ayam tersebut akan dimasak dan menjadi ater-ater makanan.  Potong dua ini disebut juga dengan potongan halves. Pemotongannya di bagian sisi kanan dan juga kiri.

Seperempat

Potongan seperempat ini juga digunakan sebagai ater-ater makanan  namun dalam porsi yang kecil. Potongan ini disebut juga dengan quarters yang mana daging karkas ayam akan dipotong menjadi empat bagian sama besar. Biasanya pedagang ayam akan memotong ayam menjadi dua bagian barulah ayam tersebut akan dibagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

Potongan Lainnya

Setelah potong setengah dan juga potong seperempat akan ada lagi potong enam, potong delapan, sepuluh dan juga duabelas. Untuk dikonsumsi secara pribadi biasanya pedagang ayam akan membagi daging karkas ayam menjadi potongan sepuluh atau duabelas agar ayam tersebut jumlahnya menjadi banyak dan bisa diolah dalam beberapa hari ke depan.

Karkas ayam tersebut jarang sekali dikonsumsi dalam bentuk utuh, kecuali dijadikan sebagai hidangan pada pesta tertentu. Selain itu membeli daging dalam bentuk karkas ayam potongan akan lebih praktis dibandingkan dengan Anda menyembelihnya sendiri. Semoga pengertian karkas ayam yang telah dijelaskan di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.